Loading...

Jumat, 22 Januari 2010

Contoh Laporan KKN

LAPORAN KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA MANDIRI ( KKNM ) STKIP SILIWANGI BANDUNG
DESA JAMBUDIPA KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BANDUNNG BARAT
2009




Disusun Oleh Tim Jambudipa :

Nonik Silvia Pendidikan.Bahasa Indonesia
Winarti Pendidikan.Bahasa Indonesia
Dedeh Winengsih Pendidikan.Bahasa Indonesia
Tuti Alawiyah Pendidikan.Bahasa Indonesia
Aisah Pendidikan.Bahasa Indonesia
Dadang Sapa'at Pendidikan.Bahasa Inggris
Asep Supriatna Pendidikan.Bahasa Inggris
Nenden Miselina Pendidikan.Bahasa Inggris
Abdul Majid Pendidikan.Bahasa Inggris
Iis Riyani Pendidikan.Bahasa Inggris
Yati Pujiyati Pendidikan.Bahasa Inggris
Iwan Gunawan Pendidikan.Bahasa Indonesia
Aang Solihin Pendidikan Matematika
Eka Senjayawati Pendidikan Matematika
Rini Hilmawati Pendidikan Matematika
Yati Sumiati Pendidikan Matematika
Wanti Rismagantika Pendidikan Matematika
Dian Lestari Pendidikan Matematika



SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
BANDUNG
2008-2009
LEMBAR PENGESAHAN
KULIAH KERJA NYATA MANDIRI ( KKNM )
STKIP SILIWANGI BANDUNG

KELOMPOK
DESA JAMBUDIPA


Dosen Pembimbing Ketua Kelompok

Ratna Sariningsih Dadang Sapa'at
Nip. Nim.06.22.0112



Mengetahui,
Kepala Desa Jambudipa

Cincin Kosasih



SERAH TERIMA LAPORAN AKHIR

Pada hari ini tanggal 14 agustus 2009 telah di serahkan laporan akhir kegiatan kuliah Kerja Nyata mandiri ( KKNM ) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Penididikan ( STKIP ) Siliwangi Bandung dari :
Nama : Dadang Sapa’at
Jabatan : Ketua Kelompok
Lokasi KKNM : Desa Jambudipa Kec. Cisarua Kab. Bandung Barat
Kepada
Nama : Ratna Sariningsih, S.Pd.
Jabatan : Dosen Pembimbing
Lokasi KKNM : Desa Jambudipa Kec. Cisarua Kab. Bandung Barat

Yang kemudian akan di serahkan kepada Ketua Pnitia Pelaksanaan Kuliah kerja Nyata Mandiri ( KKNM ) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( STKIP ) Siliwangi Bandung.
Demikian berita acara ini di buat agar yang berkepentingan menjadi maklum adanya.
Bandung, 4 Juli 2009
Pembimbing Ketua Kelompok

Ratna Sariningsih S.Pd. Dadang Sapa’at
DAFTAR LAMPIRAN
1. Daftar Nama Peserta didik TPA
2. Daftar Nama Peserta didik Pemulihan Sosial Bina Karya
3. Daftar Nama Tuna Wisma Pemulihan Sosisal Bina Karya
4. Peta Desa Jambudipa
5. Daftar Absensi Mahasiswa Dalam Kegiatan di Balai Pemulihan Sosial Bina Karya
6. Bahan Ajar TPA
7. Silabus Sederhana Program Pemberantasan Buta Huruf Di Balai Pemulihan social Bina Karya
8. Laporan Perubahan Penduduk Desa Jambudipa Bulan Juli 2009
9. Proposal Lomba Tingkat II Kwarran Cisarua
10. Jadwal Kegiatan di Balai Pemulihan Sosial Bina Karya
11. Program Di Balai Pemulihan Sosial Bina Karya
12. struktur Organigram Kelompok KKNM Desa Jambudipa
13. Dokumentasi Kegiatan




KATA PENGANTAR

Seraya memanjatkan Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa menganugerahkan rahmat dan ridha nya kepada kita semua sehingga kita dapat melakukan usaha yang terbaik dalam diri kita, shalawat beserta salam kita haturkan kepada junjunan kita nabi Muhamad SAW, yang selalu mencintai ummatya melebihi dari dirinya sendiri.
Ucapan terima kasih kami haturkan pula kepada semua pihak yang telah mendukung terselesaikannya lapora KKNM ini yaitu di antaranya :
1. Bpk. Prof. Dr. H. Engking S. Hasan, M.Pd, selaku Ketua STKIP Siliwangi Bandung;
2. Ratna Sariningsih S.Pd, selaku Dosen Pembimbing kelompok KKNM Desa Jambudipa:
3. Bpk. Cincin Kosasih, selaku Kepala Desa Jambudipa;
4. Ibu Saodah, selaku ketua Yayasan Ash-Sholihin Desa jambudipa;
5. Bpk. Dr. H. Yaya Suheryanto M Syah, selaku kepala Balai Pemulihan Sosial Bina Karya Jawa Barat;
6. Bpk. Rudi P. Makmur, selaku Kepala Seksi Pemulihan Sosial Bina Karya Jawa Barat;



Kuliah Kerja Nyata Mandiri (KKNM) merupakan salah satu asset nasional, yang lahir dari saham mahasiwa dalam pembangunan secara akademis KKNM merupakan perwujudan dari aplikasi antara ilmu penggetahuan secara teoritik dengan empiric dalam kehidupan di masyarakat. KKNM menjadi bagian terintegrasi dari proses pendidikan yang memiliki ciri-ciri khusus. Oleh karena itu system penyelenggaraan KKNM memerlukan landasan idiiil yang secara filosofis dapat memberikan gambaran tentang “apa, bagaimana, serta untuk apa KKNM itu diselenggarakan?”.
KKNM di STKIP Sliwangi Bandung adalah suatu bentuk program yang dilakasanakan dalam upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi para mahasiswa, guna memperoleh nilai tambah yang lebih besar dari kualitas pendidikan. Lebih dari itu KKNM juga telah mendekatkan STKIP Siliwangi Bandung dengan Masyarakat dalam upaya membantu masyarakat dalam memecahkan masalah-masala pembangunan.
STKIP Siliwangi Bandung secara berangsur-angsur meningkatkan kedudukan KKNM yang semula merupakan kegiatan sukarela menjadi kegiatan intakurikuler wajib. Untuk itu perlu adanya sebuah sistematika penyusunan laporan kegiatan KKNM yang Relevan dan mudah untuk dimengerti. Dalam hal ini kelompok KKNM Jambudipa STKIP Siliwangi Bandung mencoba untuk menyajikan system dan mekanisme kerja kegiatan KKNM ini sejak mulai persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.


Lebih dari itu kami menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, namun kami berharap tersusunnya laporan ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi berbagai pihak yang membutuhkannya.

Jambudipa, 13 Agustus 2009
Ketua Kelompok
KKNM Jambudipa

Dadang Sapa'at
Nim.06.22.0112










SAMBUTAN KETUA KELOMPOK

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kekuatan kepada kelompok kami untuk menyelesaikan program KKNM dan menyelesaikan laporannya, shalawat beserta salam semoga tetap tercurah kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang dengan akhlaknya menjadikan sosok suri tauladan tanpa rasa lelah untuk berusaha menjadi yang terbaik.
Ucapan terima kasih juga kami haturkan kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya program KKNM ini, terutama kepada semua pengurus STIKP Siliwangi Bandung, kepada warga Desa Jambudipa yang telah menyambut dan mendukung dengan baik program yang kami laksanakan, kepada pengurus Balai Pemulihan Sosial Bina Karya ( PBSBK ) Prov. Jawa Barat dan Warga Binaan BPSBK.
Selain rasa terima kasih saya juga hendak meminta maaf atas nama ketua kelompok yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota kelompok KKNM Jambudipa ketika dalam mengerjakan tugas dan kegiatan banyak pro kontra pendapat yang membuat kita terpuruk, kepada warga Desa Jambudipa apabila merasa terganggu dengan kedatangan kami.




Juga pada pihak STKIP Silwangi Bandung, dengan segala kekurangan dan kekhilafan, kami semua tidak dapat memberikan semaksimal mungkin dalam program maupun dalam bentuk laporan. Hanya tuhanlah yang akan membalas semua kebaikan yang telah di berikan semua pihak kepada kami.

Bandung, Agustus 2009
Ketua Kelompok

Dadang Sapa’at











DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I : PENDAHULUAN

BAB II : PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN HASIL PROGRAM

BAB III :

BAB IV :

DAFTAR PUSTAKA









BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mandiri (KKNM) merupakan suatu kegiatan perkuliahan intrakurikuler dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat, yang dilakukan mahasiswa secara terpadu untuk mengembangkan pendidikan dan pengajaran yang diperoleh selama mahasiswa menegemban ilmu dibangku perkuliahan.
Adapun kegiatan KKNM tersebut diselenggarakan sebagai salah satu syarat yang harus ditempuh oleh mahasiswa program strata S-1
Dalam penyelenggaraannya program KKNM tersebut bertujuan agar para mahasiswa dapat mengamati, menelaaah, menganalisis dan menarik kesimpulan dari data kondisi dan situasi wilayah kerja yang kemudian dapat merumuskan permasalahan yang dihadapi, lalu mengambil keputusan untuk penanggulangannya dari berbagai alternatif yang ada dan sesuai dengan kondisi wilayah kerja dan kemampuannnya.
Kuliah Kerja Nyata Mandiri (KKNM) tersebut juga bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa sehingga memiliki kepekaan sosial dan kemampuan berinteraksi dengan masyarakat secara langsung dan menjadi pengalaman yang tidak pernah didapatkan dibangku perkuliahan, juga dapat menyumbangkan pemikiran berdasarkan keilmuan dalam upaya menumbuhkan, membina dan mempersiapkan kader-kader pembangunan.
Salah satu yang ditempuh dalam rangka pengabdian kepada masyarakat tersebut adalah dengan cara memberikan perhatian penuh terhadap pembinaan sikap mental masyarakat, karena keterlibatan masyarakat merupakan subjek sekalipun objek dalam pembangunan itu sendiri.
Sehubungan dengan permasalahn tersebut, maka STKIP Siliwangi Bandung sebagai lembaga perguruan yang begelut dalam dunia pendidikan salah stu kiprahnya dalam berinteraksi dengan masyarakat diwujudkan dengan program KKN Mandiri.

A. Nama, Waktu dan Lokasi Kegiatan
Kuliah Kerja Nyata Mandiri ( KKNM ) yang kami lakukan adalah di desa Jambudipa Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Desa tersebut merupakan lokasi yang ditunjuk oleh Lembaga STKIP Siliwangi Bandung untuk di adakan observasi dan penelitian khususnya untuk meningkatkan sinergisme peberdayaan potensi masyarakat berbasis KBM di Jawa Barat.
Adapun pelaksanaan dari KKNM yang di lakukan oleh kelompok desa Jambudipa di mulai sejak tanggal 13 Juli sampai dengan 14 Agustus 2009.
1. Tata Letak dan Geografis
Desa Jambudipa adalah salah satu desa di kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat yang jarak dari pusat pemerintahan adalah sebaga berikut :
• Jarak dari pusat pemerintahan Kecamatan :
• Jarak dari pemerintahan kota administratif :
• Jarak dari Ibukota Kabupaten :
• Jarak dari Ibukota Provinsi :
• Jarak dari Ibukota Negara :
Adapun batas – batas wilayah desa Jambudipa Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat adalah sebagai berikut :
• Sebelah utara berbatasan dengan Desa Kertawangi dan Desa Tudumukti Kecamatan Cisarua
• Sebelah timur berbatasan dengan Desa Padaasih Kecamatan Cisarua
• Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Cipageran Kecamatan Cimahi Utara
• Sebelah barat berbatasan dengan Desa Pasirhalang Kecamatan Cisarua
B. Luas Desa dan Aksebilitasnya
Desa Jambudipa beridri tahun 1847. usia pemerintahannya 162 tahun. Dan memiiki luas lahan sebesar 353,5 Ha.
1. Status Pertanahan
a. Tanah Kas Desa : 0,8 Ha.
b. Tanah Kering Tegalan / Ladang : 199,2 Ha.
c. Tanah Sawah Irigasi Setengah teknis : 10 Ha.
d. Perangan, Pemukiman dan Halaman : 65 Ha.
e. Konversi : 0,5 Ha.
f. Lapangan : 5 Ha.
g. Perkantoran Pemerintahan : 1 Ha.
h. Perkantoran Lembaga Pendidikan termasuk SPN : 7 Ha.
2. Perumahan
a. Permanen : 2205 unit
b. Kayu : 54 unit
c. Kayu Tdak Layak : 12 unit
d. Semi Permanent : 162 unit
II. POTENSI FISIK LOKASI
A. Keadaan Lokasi Geografi
Adapun keadaan kondisi geografis Desa Jambudipa Kecamatan Cisarua kabupaten Bandung Barat adalah sebagai berikut :
1. Ketinggian tanah dari permukaan laut : 1100 M dari permukaaan laut
2. Banyaknya curah hujan : 200 mm
3. Tofografi ( dataran rendah, tinggi, pantai ) : tinggi
4. Suhu udara : 18 sd 240 C
5. Jumlah Bulan Hujan : 4 Bulan







B. Kependudukan
1. Berdasarkan usia
Tabel I
Jumlah Penduduk Menurut Usia
No Kelompok Usia Jenis Kelamin Jumlah
Laki – laki Perempuan
1 0 – 5 tahun 706
2 6 – 15 tahun 1458
3 16 – 30 tahun 2021
4 31 - 59 tahun 2772
5 > 59 tahun 500
Jumlah 7457










Kelompok Usia Sekolah Menurut Tingkat Pendidikan
No Kelompok Usia Jumlah
1. Belum Sekolah 760
2. TTSD 289
3. SD 2127
4. SMP 1034
5. SMA 878
6. Perguruan Tinggi 233
Jumlah 5321

Jumlah Penduduk Menurut Agama

No Agama Jumlah
1. Islam 12678 Orang
2. Kristen 13 Orang
3. Katolik 8 Orang
4. Hindu 3 Orang
5. Kepercayaan 40 Orang




2. Sarana dan Prasarana Desa Jambudipa
a. Sarana Perhubungan : Jalan Kabupaten : 6,05 KM
Jalan Desa : 9,85 KM
Jalan Kampung : 4,55 KM

b. Prasarana Perhubungan : - Kendaraan Roda 8 : 4 unit
- Kendaraan Roda 6 : 18 unit
- Kendaraan Roda 4 : 72 unit
- Kendaraan Roda 2 : 548 unit
- Sepeda : 24 unit
c. sarana dan prasarana Pendidikan :
No Jenjang Jumlah Unit Jumlah Guru Jumlah siswa
1. TK 2 10 orang 59 siswa
2. TPA 7 17 orang 256 siswa
3. SD 5 73 orag 1536 siswa
4. SMA 1 71 orang 937 siswa
5. Non formal 5 Lembaga :
1. SPN
2. Wiyata Guna
3. Pratista
4. GJKI
5. Bina Karya
d. Sarana dan Prasarana Kesehatan
1. Rumah Saki jiwa : 1 unit
2. Puskesmas : 1 unit
3. Balai Pengobatan Spesialis : 5 unit
4. Puskesmas Pembantu : 1 unit
5. Pos Obat Desa : 6 unit
6. Toko Obat : 2 unit
7. Posyandu Madya : 13 unit
7. Posyandu Mandiri : 2 unit
8. Praktek Dokter : 2 unit
9. Praktek Kebidanan : 5 unit
10 Bina Keluarga Balita : 1 klep
11. Sarana Kesehatan : Dokter Hewan : 1 orang
: Dokter Umum : 16 orang
: Dokter Ahli : 4 orang
: Bidan Desa : 1 orang
: Dukun Beranak : 4 orang
: Ambulans : 3 unit
e. Sarana Olah Raga :
1. Lapangan Sepak Bola : 4 unit
2. Lapangan Volley Ball : 7 unit
3. Lapangan Tennis Meja : 5 unit
4. Lapanga Bola Basket : 1 unit
5. Lapangan Bulu Tangkis : 6 unit
6. Lapangan Tennis : 1 unit
f. Sarana prasarana Seni budaya : 14 lokasi, tersebar di 15 RW dengan Jumlah jenis kesenian sebanyak 7 jenis.

g. Sarana Kelembagaan :

No Jenis Lembaga Jumlah Jumlah Anggota
1. BPD 1 11
2. LKMD 1 27
3. TP PKK Desa 1 17
4. Kelompok PKK RW 15 45
5. Kel. Dasa Wisa 18 158
6. Ormas Pemuda 4 98
7. Kepramukaan 6 1476
8. PSM 1 5
9. Kel. PDMDKE 36 386
10. Kel. BUMDES 1 6
11. Kel. Peternak 3 86
12. MUI 1 26
13. DMI 1 24
14. DKM 19 247
15. RW 15 225
16. RT 67 59

h. Sarana Peribadatan :
1. Mesjid Jami : 34 unit
2. Musholla / Tajug / Surau : 207 unit
3. Gereja Kristen : 2 unit
4. Gereja Katolik : 1 unit

i. Prasarana Perekonomian :
No. Nama Jumlah Tenaga Kerja
1. Swalayan 2 unit 5 orang
2. Toko 3 unit 7 orang
3. Kios/warung 84 unit 96 orang
4. Agen Kendaraan roda 2 4 unit 8 orang
5. Jasa Pelayanan Pesta 2 unit 7 orang
6. Jasa Bengkel Motor 6 unit 13 orang
7. Jasa Bengkel Mobil 3 unit 9 orang
8. Jasa Pengelasan 4 unit 7 orang
9. Peternak Sapi Tradisional 86 unit 128 orang
10. Peternak Kambing Tradisional 11 unit 11 orang
11. Usaha Perikanan /Pemancingan 3 unit 5 orang
12. KUD 1 unit 24 orang
13. Koperasi Simpan Pinjam 4 unit 21 orang
14. Usaha Budidaya Jamur tiram 67 unit 134 orang
15. Usaha Budidaya Cabe Paprika 1 unit 4 orang
16. Usaha Budidaya Strawberry 1 unit 5 orang
17. Usaha Budidaya Bunga Potong 2 unit 7 orang
18. Jasa Usaha Ojeg 5 unit 493 orang

j. Sarana Prasarana Air Bersih
No. Nama Jumlah Pengguna
1. Sumur Pompa 3 unit 4 KK
2. Sumur Gali 4 unit 2 KK
3. Mata air Bersih 13 unit 1371 KK
4. PAH 26 unit 57 KK
5. MCK umum 9 unit 53 KK
6. PAM 1 unit 1421 KK
7. Perpipaan/Swadaya 3 unit 217 KK
8. Air Sungai 1 unit 378 KK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar